Bikin Kaldu Alami, Yuk?

Akhir-akhir ini, saya mencoba mengurangi kaldu instant. Alasannya karena kandungan MSG yang tidak baik bagi kesehatan. Walaupun belum sepenuhnya lepas, tapi sedang belajar perlahan-lahan. Saya belajar dari Kakak yang sudah sekian lama tak bersentuhan dengan bumbu ber-MSG itu *saluuut. Sekaligus pengen share tahapannya.

1. Kaldu Ayam Kampung

Kalo yang ini sangat mudah. Bahannya hanya ayam kampung yang sudah dibersihkan dengan air. Ketika air sudah mendidih, masukkan ayam hingga matang. Lalu airnya bisa menjadi kaldu ayam.

2. Kaldu Ayam Non Kampung

Yang ini agak ribet. Ayam Non Kampung pasti hasil suntikan yang mengandung kimia. Pertama kali, harus membuang kulit dan lemak yang menempel di daging (seperti serat warna putih). Lalu dibersihkan dengan air.

2013-01-15 06.14.34

Foto: Tanda merah itu serat putih yang harus dibuang.

Setelah air mendidih, masukkan ayam yang sudah bersih dari lemak-lemak, masak hingga matang. Lalu kaldu ayam sudah jadi.

Tips: Saya cenderung pakai dada atau fillet karena lebih mudah membuang lemak-lemaknya.

3. Kaldu Daging

Rebus air sampai matang. Masukkan daging. Masukkan garam secukupya agar rasa tidak hambar. Lalu jadi kaldu daging, airnya tidak sebersih kaldu ayam, kurang lebih mirip dengan kuah bakso.

 

Oh ya, apabila ayam atau dagingnya tidak satu buah, maka memasukkannya dengan satu per satu. Ketika air mendidih, masukkan daging pertama. Pas air bergejolak lagi, masukkan daging kedua, dst.

Selain itu, satu kaldu ayam dapat bertahan hingga dua hari dan dimasukkan ke dalam kulkas. Jadi, saya bikin satu panci, terus setengahnya saya simpan di kulkas buat esok hari, setengah lainnya langsung dipakai masak. Simpan di kulas, tidak harus di frezer, tidak harus ditutup rapat.

 

Semoga bermanfaat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: