Apa bedanya Lola dengan ‘lola’?

Judul : Lola yang ‘Lola’
Penulis : Dian K.
Halaman : 124 hal
Tahun : 2012
Penerbit : Al-Kautsar Kids

251021_4211493201152_138138096_n

Ketika saya tahu mbak Dian K baru saja melahirkan buku baru-nya yang berjudul “Lola Yang Lola” ini, jujur, saya kurang tertarik karena buku ini tergolong novel anak. Rasanya kurang matching dengan usia saya yang masih remaja pada beberapa tahun yang lalu. Tetapi, membaca testimoni dari para orang tua, yang awalnya mereka beli buku itu buat putra-putri mereka, dan akhirnya mereka membaca juga, ternyata yang ketawa tidak hanya anak-anak mereka, tapi para bapak-ibu itu juga ikutan ngikik. Akhirnya radar kepo saya mencium buku segar *kek kucing nemu ikan nganggur gitu.

Sebenarnya, apa bedanya Lola dengan ‘lola’ ya? Buku ini mengkisahkan sesosok anak manis berusia 11 tahun, yang bernama Lola dan terkenal dengan ‘lola’-nya, itu tuh loading lama (lola). Misalnya nih: semua lagi bahas smartphone keluaran terbaru, eh si Lola masih mikir handphone sebesar ulekan.

Ceritanya pas di dalam kelas, dan lagi belajar sejarah:

Miss Rebecca: Jadi, meski hanya sebentar, penjajahan Jepang itu sungguh menyiksa bangsa Indonesia. Tahun-tahun itu merupakan lembaran hitam dalam sejarah bangsa kita!

Lola: (grook… zzzzzzzzzzz)

Miss Rebecca: Lola, coba jelaskan maksud lembaran hitam itu apa?

Lola: Kertas karbon!

(Halaman 70-71)

 See? lola nggak tuh?!

Untuk pembaca anak-anak, bahasa yang digunakan cukup ringan. Sesekali nyomot bahasa inggris agar pembaca anak sekaligus belajar sok bule. Ceritanya sebenarnya tak melulu soal Lola yang tidak nyambung kalau diajak ngobrol, tapi banyak juga celetukan khas anak-anak yang menggelikan. Penulisnya mampu membaca kisah-kisah yang dekat dengan dunia anak, *ya’iyala secara penulis sudah menelurkan puluhan buku anak-anak. Tanpa lupa penulis menyisipi pengetahun seperti resep masakan, karakter hewan, tarian, hingga agama.

Saya, sebagai anak remaja pada beberapa tahun yang lalu, cukup terhibur membaca buku ini. Walaupun ada segelintir cerita yang agak umum, tetapi recommended lah buat bacaaan anak-anak. Satu hal yang saya suka, setelah pembaca dibawa ketawa bab per bab, ternyata ending yang menyentuh itu justru klimaks buku. Jadi, siapkah Anda/anak Anda terhibur dengan buku “Lola yang lola”?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: