Nutrisi Itu Di Dekat Kita

Komunitas Ibu-Ibu Doyan Nulis (IIDN) Semarang dapat undangan dari majalah Mother and Baby Indonesia dan Nestle Mom and Me. Acara yang bertajuk Celebrating Journey to Motherhood ini berlangsung Minggu, 14 April 2013 di Semarang. Sekilas, acaranya ditujukan para ibu hamil. Nyatanya antusias itu juga tampak dari para ayah, calon ayah, sampai mahasiswi lho. Pastinya, semua peserta adalah manusia tulen, terlihat kakinya pada napak lantai semua.

Nah, dr. Herman Kristanto, SpOG menjelaskan panjang lebar soal nutrisi buat ibu mengandung. Nutrisi penting adalah probiotik, hayyah apa itu? Menurut bapak dokter yang tampangnya mirip artis jadul El Manik itu, bila ibu hamil mengkonsumsi probiotik dengan kadar yang sesuai, dapat memberikan dampak positif bagi daya tahan tubuh bayi. Probiotik bisa didapat dari susu, kagak usah sebut merek ya, intip saja kandungan di box susu. Selain itu, dapat menurunkan risiko eksim atopi, itu tuh yang bikin pipi merah pada bayi, umumnya mengira karena terkena ASI. Bagi ibu hamil, si dokter juga menganjurkan beberapa porsi makanan berikut: satu gelas nasi atau empat iri roti, satu potong daging/ikan/ayam, dua potong sedang tahu/tempe/kacang-kacangan, satu buah sedang, satu gelas sayur-sayuran, dan segelas susu. Slruuuppp.

Nah, ternyata perkembangan manusia sampai dewasa sangat dipengaruhi oleh nutrisi ketika berbentuk janin. Alangkah lebih baik memanfaatkan sembilan bulan dengan maksimal. Tapi tidak berarti menjelma jadi manusia pemakan segala lho ya. Jangan-jangan segala sendok-garpu dimakan, biar zat besinya baik. *tepok jidat. Jangan ya, Bu, ojo lho. Saking seriusnya saya mendengarkan pak dokter ngomong, sampai enggak terdengar perut ini nyanyi seriosa satu album. Ujug-ujug sudah hampir dua jam diskusinya.

Ilmu nutrisi berikut adalah… makan-makan ala chef Yeni Ismayani. Dia melakukan demo turunkan harga beras, eh, demo masak. Menu yang doi tawarkan adalah Puding Cokelat Tabur Buah dan Roti Pisang Kukus Kismis. Pengen ya??? sini ke rumahku, tak pinjamkan resepnya *kedip-kedip. Oh ya, ada tips memasak penting buat saya sang chef spesial di rumah sendiri. Pernah membuat puding tapi hasil santannya mengental atau hiasan buah jatuh di bagian bawah semua? Ternyata, triknya adalah ketika matang, matikan kompor, aduk ters sampai subuh, hehe, sampai uap hilang kok. Setelah itu, baru masukkan santan atau buahnya. Voila… dijamin cantik pudingnya. Kalau masih gagal, salahkan chef Yeni, hihi *dipentung panci.

Tuh kan, nutrisi itu enggak jauh-jauh dari sekitar kita #SokBijak. Akhirnya acara seru itu berakhir, padahal saya masih ingin bobok di hotel lho… Saya pulang dengan perut kenyang, hati riang, dan goody bag rame kek di foto ini…

2013-04-19 12.21.32

Terima kasih undangannya, ditunggu undangan berikutnya #Nggelunjak hehe

Advertisements

4 responses

  1. benciii.. benciiii liat goodie bag-nya *dendambalang wkwkwkkkk…
    eh, mosok to koyok El Manik? minus 10 ya Wuri hihihiiii…. maaf mau komen yg ilmiah gak nyandak πŸ˜€

    Like

  2. loh emang mbak Uniek gak dapat goodie bagnya to?

    Like

  3. iya mbak, jadi ceritanya… eh, japri mak uniek wae lah πŸ™‚

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: