Harmonisasi Hobi, Passion, dan Uang

Sosok perempuan identik dengan karakter gossiper, nongkrong sembari haha-hihi sesama cewek, atau bawel minta ampun. Entah itu koar-koar secara offline maupun online melalui media chatting yang berjibun saat ini. Perangai tersebut tidak dapat lepas dari perempuan yang sebenarnya dapat mengarah pada sisi positif. Sebut saja di kala menggosip seraya membuka lapak. Ketika reuni, berkumpul, atau hang out ramai-ramai, di situlah para perempuan mampu memanfaatkan momen berjualan. Siapa bilang bisnis hanya berlangsung melalui meeting eksklusif? Seperti yang tengah saya alami saat ini.

Wuri dan Kreasi Flanel
Kain flanel merupakan kumpulan serat wol yang menyatu tanpa proses tenun. Ketika jemari menyentuh serasa bermain dengan awan lembut. Warna yang hadir pun menawarkan berbagai alternatif. Mulai merah, hijau, biru, serta gradasi warna yang beragam. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri. Pun selembar kain flanel berukuran 25cm x 25cm, umumnya dijual seharga Rp2.000,00-Rp3.000,00 dapat menghasilkan kreasi dengan daya jual menjulang. Hhhmmm… siapa yang tidak tergiur ya? Termasuk saya yang semenjak tahun 2010 menggeluti bisnis kreasi flanel.

Kreasi dengan kain flanel terbilang mudah. Cukup mempelajari teknik tusuk feston atau bagai tengah merajut. Sisanya, kreatifitas dalam memadukan pola dan warna membentuk satu barang bernilai jual. Kerapian hasil jahitan menjadi tentu menjadi poin penting, tetapi seperti kata pepatah jadul dari bule, practice makes perfect. Jadi, perlahan-lahan kualitas menjahit akan meningkat selama kita konsisten berlatih. Tahu enggak, dari selembar kain dapat menjelma jadi bros, gantungan kunci, buku anak, puzzle, mainan, dan masih banyak lagi. Seperti terlihat di foto berikut:

1

Bisnis kreasi flanel dapat dilakukan di dalam rumah, sembari menanti sayur matang, atau ketika Anda mudik. Cukup berbekal kain, jarum, benang, dan pola. Let’s crafting.

Bagi yang hobi berkreasi flanel dan hendak memasarkannya kepada publik, dapat melakukan beberapa hal berikut:
-Perbarui kreasi flanel secara berkala sehingga pasar tidak bosan dengan produk Anda
-Gali ide kreasi dapat melalui internat lalu modifikasi sesuai kreatifitas pribadi
-Bergabung di komunitas online maupun offline lalu melakukan promosi secara halus
-Menitip produk melalui toko teman dan kerabat dengan pembagian persentase penjualan
Terakhir, jangan lupa membuat toko online karena siapapun, kapanpun, dan dimanapun dapat mengakses toko Anda, seperti toko online milik saya nih http://www.tokowuri.blog.com lho.

Wuri dan Buku Bisnis
Siapa yang menyangka, berawal dari aktifitas saya berkeasi flanel serta mengikuti komunitas bisnis online, pintu tawaran untuk menulis akhirnya terbuka. Dapat dikatakan, saya menyelam sembari minum air. Terjun di dunia bisnis online sekaligus menjadi penulis buku bergenre bisnis online. Pun memetik keyakinan saya kalau passion saya tidak hanya menjadi crafter kain flanel, tetapi juga di bidang penulisan. Saya seperti menemukan lahan sawah baru sebagai tempat bercocok tanam. Tentu saja yang menghasilkan uang, ah, mata saya seketika berwarna hijau tanpa lensa kontak mata.

Salah satu komunitas online yang saya geluti, membentangkan pengumuman soal kebutuhan naskah mengenai bisnis. Tentu saja, semuanya melalui proses seleksi terlebih dahulu. Yang saya lakukan adalah menerjemahkan kata hati menjadi kalimat naskah. Ketika saya terpilih menjadi salah satu penulis buku antologi, mata proses berikutnya terbilang panjang. Saya harus menuliskan 20 ide bisnis online secara mendetail. Pasalnya, dari 20 ide tersebut, saya hanya terjun langsung pada bisnis online kreasi flanel. Lalu bagaimana dengan tema 19 lain? Saya melakukan riset, wawancara dengan orang terdekat seputar sepak terjang mereka, hingga kalkulasi keuangan. Akhirnya, tiga minggu menjadi rentang waktu saya menyelesaikan naskah buku berikut ini:

3

Buku 101 Bisnis Online Yang Paling Laris akhirnya di toko buku hadir satu tahun berikutnya. Buku yang memberikan 101 ide bagi yang ingin berbisnis dari rumah. Di setiap ide, saya dan empat penulis lain membongkar bagaimana strategi pemasaran, hambatan dan antisipasi, dan analisis keuangan per bulan. Tidak ketinggalan, cerita menggelitik dari pengakuan pebisnisnya langsung.

Wuri dan Sistem Dropship
Hari gini, hampir semua orang pasti tahu mengenai sistem dropship. Termasuk saya yang merasakan keuntungan sistem dropship. Saat ini, saya berdomisili di Semarang, dan kawan saya menetap di Jakarta, tengah melakukan kerja sama. Produk yang kawan saya tawarkan adalah peralatan dapur dari plastik. Bahkan sudah satu tahun kami tidak bertatap muka. Posisi saya sebagai dropship-er hampir serupa dengan reseller. Bedanya, saya tidak perlu membeli dan menyimpan barangnya terlebih dahulu. Atau modal usaha nol, selain pulsa internet sebagai proses promosi yah.
Tugas saya melakukan promosi melalui akun jejaring sosial pribadi serta mulut ke mulut di kawasan Semarang. Ketika pesanan datang, saya cukup menghubungi teman saya di Jakarta. Sobat saya tersebut, mengambil di gudang, lalu langsung mengirimkan kepada pemesan, tanpa melalui tangan saya dahulu. Pertemanan beda kota ternyata masih mendatangkan rezeki. Lihat foto kami berdua:

2

Nah, mengambil sistem dropship memang butuh ketelitian. Beberapa poin penting seperti:
-Anda harus memastikan kalau Pihak-Pemilik-Produk dapat dipercaya. Tidak mungkin, konsumen sudah melakukan transfer, tetapi Pihak-Pemilik-Produk tidak mengirimkan barang, maka nama toko online Anda menjadi taruhannya.
-Pastikan produk tersebut tidak cacat. Mengingat produk tersebut tidak melewati Anda terlebih dahulu, maka Pihak-Pemilik-Produk juga harus dapat dipercaya.
-Pertahankan komunikasi dengan Pihak-Pemilik-Produk, karena bisnis online memang berbasis kepercayaan.

Nah, tidak dapat dipungkiri, perempuan dan bisnis tidak dapat terlepas begitu saja. Anda dapat memulai dengan mengerjakan hobi yang membuka pintu rezeki. Karena…

Perempuan dan bisnis itu bagaikan perempuan dengan bayangannya sendiri. Bayangan selalu ada di sekitar perempuan. Tetapi, tergantung bagaimana perempuan memanfaatkan bayangan. Hanya sekedar hiasan diri. Atau dapat digunakan untuk berkaca untuk mempercantik diri. Mempercantik di sini, dapat berupa menggeluti bisnis demi mengasah produktifitas diri jadi kian cling.

Tulisan ini disertakan pada Give Away : Perempuan dan Bisnis.

Advertisements

14 responses

  1. bikin nambah semangatku jadi wirausaha mbak πŸ˜€
    Walaupun jurusan saya pas kuliah dg usaha saya sekarang belum ada nyambungnya.
    hahaha
    tapi, saya enjoy dg apa yg sedang saya tekuni, walaupun msh ada rasa bersalah dg gelar sarjana yg melekat di belakang nama saya. hehehe

    Like

  2. hehe, tapi teman-teman kuliah bisa dimanfaatkan sebagai link dalam usaha kan? enggak ada yang sia-sia kok πŸ™‚

    Like

  3. unyu2 sekali kerajinan flanel nya… next kopdar bikin platihan flanel gimana? hihihi

    Like

  4. ngeliat link nya dari KEB . waaah,,, senasib kita mba, saya juga flanel lover πŸ˜€
    antara hobby, passion, dan uang . rasanya ga abis2 dibahas .berhubung saya full time crafter , 3 hal itu tercampur jadi satu , kadang menguntungkan, tapi kadang ada gak enaknya juga. tapi dinikmatin aja πŸ™‚

    Like

  5. waaah Mbak bisa ngeflanel juga? keceee

    Like

  6. hihi namanya ganti Ibu-Ibu Doyan Njahit πŸ™‚

    Like

  7. yup, enjoy aja, namanya juga hobi πŸ™‚

    Like

  8. ho’oh monggo dipesan, loh πŸ™‚

    Like

  9. serba bisa nih jeng nura hehehee… nice posting *jempol papat
    terima kasih sudah turut serta di Give Away : Perempuan dan Bisnis ya, good luck πŸ˜‰

    Like

  10. mak aku menang yo *nggandol sikile mak uniek hihihi

    Like

  11. keren ni tulisan…. πŸ™‚

    Like

  12. Hebat-hebat mba cerita yang luar biasa inspiratifnya, patut dijadikan teladan

    Like

  13. aih… jadi malu πŸ™‚

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: