CINTA DUA BENUA DI TANAH SABANG

Judul buku: Sunset in Weh Island (Bersamamu Mengejar Kilau Senja)
Penulis: Aida M.A.
Penerbit: Bentang Belia (PT Bentang Pustaka)
Tebal buku: 252 halaman
No ISBN: 978602939773473

images

Ketika membaca judul buku saja, otak saya kosong membuka memori letak Pulau Weh. Lalu jemari saya berselancar di Wikipedia dan menemukan:

Pulau Weh (atau We) adalah pulau vulkanik kecil yang terletak di barat laut Pulau Sumatra. Kota terbesar di Pulau Weh, Sabang, adalah kota yang terletak paling barat di Indonesia.

Sesuai judul buku tersebut, mayoritas seting novel berada di Pulau Weh. Kawasan pantai yang kerap kali menyemarakkan nuansa romantis. Perpaduan eksotika gugusan bukit dan bentangan laut jernih kian memendarkan kesejukan. Momen tepat bagi dua insan yang terjerat asmara. Penulis seolah-olah tengah menguliti titik elok di Pulau Weh. Sebut saja, Balohan, Le Boih, Tugu Nol, Danau Aneuk Laot, hingga menyeberang ke Pulau Rubiah.  Seperti salah satu penjelasan penulis di dalam buku:

“Beberapa bongkahan karang laut yang sudah kering tersebar di sana sini, jika mendekat sedikit saja mungkin beruntung melihat kepiting-kepiting kecil yang buru-buru lari ke dalam lubang.” (hal.44)

Ketika saya menilik blog pribadinya. Penulis menuntaskan naskah dalam waktu 1 bulan. Perlu usaha lebih ketika ada lokasi novel yang penulis sendiri belum pernah mengunjungi. Beruntung penulis memiliki teman di Jerman atau Pulau Weh (dimana penulis sudah cukup lama tidak berkunjung ke tempat wisata tersebut). Secara implisit novel ini juga memberi informasi seputar diving, pelestarian lingkungan, hingga istilah-istilah lokal.

Cerita berawal dari Axel, lelaki Jerman yang kabur dari kenyataan pahit cintanya, rela terbang jauh mengunjungi paman yang menetap di Pulau Weh. Keputusan yang kelak membuatnya memahami makna cinta. Perjumpaan dengan gadis setempat, Mala, berawal dari kecelakaan di atas kapal di Pelabuhan Ulhee-Lhee. Saling menyisakan kenangan buruk pada pertemuan pertama.

Mala adalah putri tunggal Bram, pemilik Restoran Laguna. Bram memiliki dua anak buah pasangan suami-istri, Fida dan Rahmat, yang lihai mencium getar di dada Mala. Naasnya, Axel menetap di cottage terdekat dengan resto Mala. Penginapan yang juga milik pamannya, Alan. Posisi tersebut memaksa Axel dan Mala saling bersitatap. Masalah kian rumit ketika cinta pertama Mala, Raffi, akhirnya membuka hati kepada Mala. Pun kedatangan Marcel (sahabat Axel) dan Andreaa (mantan kekasih Axel) kian membuat pelik hubungan Mala dan Axel. Belum lagi budaya timur dan barat yang berseberangan menjadi dinding kokoh ketika Mala dan Axel mencoba mengakui perasaan. Kemanakah cinta mereka berlabuh?

Walaupun pertemuan dua tokohnya sedikit umum, yaitu benci menjadi suka, tetapi balutan atmosfer Pulau Weh menjadi daya tarik tersendiri. Pun sedikit memaksa saya menilik peta sembari membaca novel sehingga bayangan titik Pulau Weh di negeri ini kian jelas. Baiknya sih ada peta mini hehe

Ditunggu novel-novel dengan seting di Indonesia lagi.

2013-07-05 16.26.24

“Sekamar di Pulau Weh.” Aamiin YRA, hihi, maklum, si penulis membubuhi tanda tangan usai membaca Cenat-Cenut Reporter. Padahal aku aslinya kalem kan Mbak Aida #pencitraan.

Advertisements

6 responses

  1. ceritanya menarik, jadi pengen baca 😀

    Like

  2. Axel po Alex to jan2e jenenge? wohooo…cerita asmara yaaa.. bikin termehek2 donk 😉

    Like

  3. hehe di toko buku sudah ada 🙂

    Like

  4. Hahaha Axel. Ketahuan yak nulis dengan mata lima watt 🙂 Roman remaja ringan kok Mak.

    Like

  5. kayaknya cerita cintanya banyak segi ya…

    Like

  6. Enggak juga kok. Kisahnya Axel dan Mala tapi setiap pihak ada “gangguan” 🙂

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: