The Next Lionel Messi

Judul: Bola-Bola Mimpi di Kaki Alif
Penulis: Tristan Alif Naufal (Co-writer: Veronica W.)
Penerbit: Tiga Ananda, Creative Imprint of Tiga Serangkai
Tebal buku: 88 halaman
ISBN: 9786027690486

BOLA MIMPI ALIF WuriNugraeni

Nama Tristan Alif Naufal mulai menjadi perbincangan ketika videonya tersebar di dunia maya. Rekaman audio visual tersebut memamerkan kemampuannya mengarahkan bola. Di usia yang terbilang sangat muda, Alif, nama sapaannya, sudah memukai banyak kalangan profesional sepak bola. Keahlian bermain bola terbilang di atas rata-rata bagi anak di bawah 10 tahun. Bahkan, Alif berhasil mencuri perhatian Pep Guardiola, pelatih FC Barcelona, ketika mengunjungi Indonesia. Melalui buku bertajuk Bola-Bola Mimpi di Kaki Alif, Alif membongkar rahasianya demi menggapai cita-cita.

Putera kelahiran 12 Desember 2004 tersebut sudah terlihat menyukai bola sedari balita. Bahkan kakinya seolah tak tahan menendang segala barang yang berbentuk bundar. Tidak hanya bola, boneka Angry Bird (bentuknya menyerupai bola) juga ikut menjadi sasaran tendangan Alif. Kira-kira barang apalagi ya yang menarik perhatian Alif?

Demi mengasah bakat dan minat Alif, kedua orang tua memasukkannya pada sekolah khusus sepak bola. Kenyataannya, Alif tidak pernah puas hanya berlatih di sekolah olah rasa tersebut. Lalu, apakah Alif hanya diam ketika berada lahan kosong?

Semangat Alif dalam sepak bola patut mendapati jempol. Sayangnya, Alif menghadapi kendala. Mulai membagi pikirannya seputar pelajaran sekolah dan aktifitas bola. Walaupun orang tua Alif sudah menjelaskan, kalau pagi hingga siang khusus untuk bersekolah, sementara sore hari dapat Alif isi dengan sepak bola, nyatanya Alif kerap kali mencuri waktu di sekolah demi bertemu dengan bola favorit. Hhhmmm, apa yang akhirnya Alif putuskan ya?

Segmen buku ini memang tertuju pada anak-anak. Sayangnya, pilihan bahasa yang terlalu eksplisit. Pun beberapa hikmah justru tertuang dari kalimat langsung Umi (Ibu Alif-pen). Terlepas semua itu, beberapa ilustrasi kian mewarnai isi buku. Serta selipan berupa foto koleksi pribadi seputar prestasi Alif semakin meneguhkan pamornya.

Dalam bukunya, Alif menyelipkan istilah-istilah di dunia sepak bola. Sehingga saya membaca sembari memahami seluk beluk bola. Alif pun menyertai tips agar tidak patah arang demi sebuah masa depan. Tanpa lupa, Alif berbagi solusi-solusi ketika hambatan itu menghadang impian. Sebuah buku yang memuat potret kehidupan Alif sehari-hari ini dapat menjadi pemicu pembaca anak-anak agar memiliki gambaran dalam mengejar mimpi.

Selepas membaca hingga lembar terakhir, saya ingin meng-aamiin-kan doa. Semoga kelak Alif benar-benar menjadi the next Lionel Messi.

Advertisements

4 responses

  1. mudahan malah jadi lebih dari messi 🙂

    Like

  2. Anaknya mbak Wuri tertarik gak baca buku ini?
    Atau emaknya yang banyak mengambil pelajaran? Tapi bukunya buat anak2?

    Maap pertanyaannya banyak ya mbak 🙂

    Like

  3. menurutku bahasanya ringan kok 🙂

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: