BISNIS BAGI ANAK MUDA

Judul: 101 Young CEO
Penulis: Ilman Akbar
Penerbit: Metagraf, Creative Imprint of Tiga Serangkai
Tebal buku: XXXIV + 350 halaman
ISBN:9786029212815

cover 101 young ceo

“Bagaimana cara mengawali bisnis?”

Pertanyaan umum di atas kerap kali terlintas di benak semua orang yang hendak menjadi wirausaha. Pun gamang ketika membuat keputusan bidang bisnis apa yang akan digeluti. Seumpama memahami kegelisahan kalangan muda yang berhasrat terjun sebagai pebisnis, penulis memberikan solusi. Bahkan penulis menyajikan keuntungan berbisnis di usia muda, seakan mendorong pembaca muda kian percaya diri menjadi produktif.

“Kamu akan ditunjukkan bukti bahwa sukses itu artinya 1% inspirasi dan 99% keringat alias kerja keras.” (hal.9)

Ada 101 tokoh anak muda yang dibeberkan penulis. Mulai soal proses awal mendirikan bisnis hingga mencapai titik tertinggi, jatuh bangun menghadapi napas bisnis yang fluktuatif, bagaimana dia memperlebar cabang hingga membentuk grup bisnis, sampai jumlah modal awal. Uniknya, tidak semua tokoh tersebut menggunakan modal finansial saja. Tanpa lupa, menyertakan tips marketing untuk menggapai sasaran konsumen. Masing-masing tokoh juga menyertakan quick tips yang eye catching.

isi

Bidang bisnis yang mereka geluti terbilang beragam. Baik fashion, seni, jasa, kerajinan, kuliner, musik, dll. Ada beberapa yang menggelitik saya. Seperti, dekorator kamar mahasiswa, studio foto di pelosok, makelar desain, teknologi pengelasan laser, boneka gigi, dan masih banyak lagi.

Tidak cukup menguliti 101 pebisnis kalangan muda, penulis memberikan penjelasan praktis soal permodalan, proses pemasaran baik offline maupun online, hingga motivasi diri sendiri ketika berbisnis. Di dalam buku juga memaparkan kalau modal tidak hanya berbentuk uang dalam jumlah yang besar, bahkan ada yang terbukti hanya menggunakan modal kepercayaan dan proposal bisnis yang kuat. Saya pun membuka mata, nyatanya pebisnis memang berbeda dengan pedagang.

Buku yang mencoba membuka tabir kalau bisnis itu sederhana. Dapat dimulai kapan saja dan dari hal kecil. Pun untuk saat ini, menjadi CEO di usia belia tidak menjadi mimpi kosong belaka. Sudah ada 101 anak muda yang berhasil membuktikannya. Sebelum usia 30 tahun sudah memiliki perusahaan sendiri, membuka lapangan pekerjaan, hingga menggali kreattifitas.

Segmen buku bisnis umumnya tertuju pada kalangan dewasa. Namun, buku 101 Young CEO justru memilih bahasa anak muda. Pemilihan kata yang ringan menjadi poin lebih seolah-olah pembaca menikmati cerita. Satu hal yang bisa saya tarik garis merah dari 101 tokoh, hampir semuanya mengawali bisnis atau berdagang dari usia muda, tidak jarang semenjak duduk di bangku SMA, SMP, bahkan ada yang menjual sejak SD.

Jadi, siapkah diri Anda berbisnis sekarang juga.

Advertisements

8 responses

  1. Hmmm…saya sudah bukan anak muda lagi hehehe

    Like

  2. yang penting masih berjiwa muda 🙂

    Like

  3. wah cocok nih buat referensi saya yang mau memulai bisnis

    Like

  4. iya, di toko buku sudah ada

    Like

  5. Setelah pensiun dari dinas militer bisnis saya menulis di blog dan coba-coba menulis buku jeng
    Terima kasih infonya
    Salam hangat dari Surabaya

    Like

  6. aaak..buku suami saya ituh, http://ilmanakbar.web.id/ . makasih ya mak udah di-review 😀
    ada websitenya juga buat yang mau belajar bisnis, suami juga yang bikin: http://101youngceo.com/ hehe. *lah jadi promosi, maaf ya mak*

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: