TIPS AGAR RUMAH LEBIH DINGIN

Walaupun bukan lulusan arsitektur, tapi saya ingin berbagi tips agar rumah lebih dingin. Memori saya masih menyimpan poin-poin penting ketika wawancara beberapa arsitektur kenamaan di tanah air. Akan saya share info dari para pakar. Apalagi menetap di Indonesia dengan cuaca tropis, agaknya menuntun desain rumah tertentu. Tentu saja, bergantung pada posisi rumah, seperti di wilayah pedesaan atau perkotaan, di pesisir pantai atau di pegunungan, di pusat kota atau perbatasan wilayah.

Berikut tips agar rumah lebih dingin:

1. Posisi pintu atau jendela berhadapan
Letak pintu satu dengan pintu lain lebih baik berhadapan, begitu pula dengan jendela. Hal tersebut membuat arus angin lebih efektif. Karena ada kecenderungan angin berhembus lurus. Dengan pergerakan angin yang lancar di dalam rumah, penghuni akan merasa rumah lebih dingin. Menurut pengamatan saya ketika dahulu hunting rumah, beberapa developer perumahan memiliki desain standar dengan posisi pintu dan jendela berhadapan. Khususnya pada pintu depan dengan pintu belakang.
Berikut contoh posisi pintu atau jendela yang berhadapan:

contoh

2. Dua halaman
Sangat dianjurkan memiliki halaman depan dan halaman belakang. Halaman bisa berupa teras atau berisi tumbuhan. Hal ini masih terkait dengan tips pertama. Udara yang lewat dari depan dapat diteruskan hingga ke belakang, pun untuk sebaliknya. Tidak ada patokan ukuran luas halaman. Jenis tanaman juga dapat disesuaikan dengan selera pemilik rumah.

3. Jarak antara lantai dengan plafon tinggi
Salah satu tips agar rumah lebih dingin secara alami adalah membangun rumah dengan jarak antara lantai dengan atap terbilang tinggi. Lebih baik sekitar 3,5 meter sampai 5 meter. Anda dapat melihat rumah-rumah peninggalan Belanda yang sebagian besar tinggi. Apalagi pada zaman penjajahan belum mengenal produk air conditioner (AC). Tujuannya memberi efek lebih dingin di wilayah tropis. Agaknya Anda dapat mengadaptasi tips tersebut.

4. Tanaman
Tidak jarang, Anda membeli rumah dapat keadaan sudah jadi. Entah itu membeli rumah seken, atau rumah contoh. Pun ketika tidak memiliki dana untuk merubah bentuk, maka jalan keluar agar memberi efek dingin di sekitar rumah adalah tanaman. Hadirnya tanaman seolah sebagai pelindung dari terik mentari. Lebih baik lagi memiliki tanaman di pelataran depan dan halaman belakang.

5. Memanfaatkan jendela
Apabila kita mengamati beberapa rumah jadul, terlihat jendela yang banyak dan besar. Salah satunya adalah Lawang Sewu di Semarang.

IMG_2278

Banyaknya jumlah jendela tersebut memberi efek dingin. Tapi bagi yang sudah menempati rumah dengan jendela sedikit, baiknya rajin membuka jendela agar sirkulasi udara lebih lancar. Hal ini dapat menjadi salah satu kebiasaan positif.

Setidaknya ada satu atau lebih hal yang dapat saya praktekkan, atau bermanfaat bagi Anda. Khususnya penduduk kawasan tropis seperti Indonesia. Semoga tips agar rumah lebih dingin dapat memberi pencerahan.

Advertisements

10 responses

  1. Sayangnya kita tinggal di kota metropolitan yang padat sehingga sulit mewujudkan rumah dg desain diatas, karena belakang, samping sudah tembok tetangga.

    Like

  2. dari sebanyak poin, yang saya udah tau cuma poin 3 dan 5 aja. hihiih. nice article, mak. saya bookmark ini ya. buat bikin rumah entar. makasih mak 🙂

    Like

  3. Kalau lihat kondisi calon rumah kontrakan, pilihan tanaman yg paling mempan 😀

    Like

  4. menarik nih. buat bahan pertimbangan bikin rumah. makasih tipsnya yaa 😉

    Like

  5. Hhhmmm… mungkin bisa memanfaatkan tumbuhan 🙂

    Like

  6. sama-sama mask 🙂

    Like

  7. hehe iya kalo kontrakan enggak bisa dirombak 🙂

    Like

  8. baru tau ini mbak. bisa jadi referensi kalo mau bangun rumah. sepertinya banyak tanaman selain membuat lebih dingin juga bisa membuat rumah kelihatan lebih segar. tentunya dalam jumlah yang proporsional, berlebihan bisa jadi seperti rumah tak berpenghuni dan jika malam hari malah rebutan oksigen sama pohon 😀

    Laptop Murah

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: