Tips Menulis dari Kacamata Editor

Horeee… akhirnya saya berkesempatan kepoin salah satu kru GagasMedia. Setelah kemarin saya posting seputar tip penulisan dari penulis di mari. Kali ini saya pengin membongkar dunia penulisan versi editor. Posisi editor, pasti memiliki peran penting dalam meracik novel. Ibarat lagi pedekate, editor memberi masukan benar-benar sesat agar bisa jadian kelak, bingung nggak?Β 

Narasumber kali ini bernama Mita M. Supardi. Terlahir di Bontang dan tumbuh di Bandung. Perempuan berdarah Sunda dan berzodiak Gemini. Adalah takdir kalau ia menyukai banyak hal, seperti musik, fotografi, perjalanan, film, kuliner, gambar, dan buku. Sekarang lagi pacaran sama deadline sambil menunggu novel keduanya lahir. Boleh intip kamarnya di carimichan.tumblr.com atau cari dia di twitter: @carimichan

Mita

Bagaimana tren dunia penulisan fiksi saat ini?

Tren dunia penulisan fiksi saat ini, kelihatannya, sedang menggeliat. Terlebih karena banyak akses mereka untuk melatih kemampuan menulisnya juga, sih. Ada blog, Twitter, Path, dll. πŸ™‚

Apa yang menjadi poin plus dari naskah yang diACC redaksi (sebagai contoh novel Selamat Datang Cinta)?

Odet (penulis novel Selamat Datang Cinta-wur) mengemas tentang kehilangan dan berpindah hatinya dalam novel Selamat Datang Cinta ini dengan manis dan hangat.

Bagaimana proses naskah yang masuk sampai dapat pernyataan diterima oleh GagasMedia (termasuk waktu yang dibutuhkan)?

Naskah yang masuk ke GagasMedia itu harus hardcopy dan disertai dengan check list naskah (yang bisa diunduh dari website gagasmedia.net), setelah itu dari redaksi akan memilih naskah-naskah mana saja yang menarik. Lalu, redaksi akan membahasnya dalam rapat redaksi untuk mendiskusikan kembali apakah naskah tersebut layak terbit atau belum. Kemudian, jika sudah ada keputusan terbit, pihak redaksi akan menghubungi langsung penulisnya. Namun, kalau belum layak pun, naskah akan redaksi kembalikan.

Untuk waktu yang dibutuhkan, kira-kira sampai tiga bulan, deh. Kalaupun belum dapat kabar, penulis boleh banget hubungi redaksi untuk tahu status naskahnya. πŸ™‚

Sejauh mana tim penerbit dapat β€œmerombak” tulisan penulis?

Untuk sejauh mananya itu, tergantung dari hasil rapat redaksi. Biasanya naskah yang terpilih untuk dibahas dalam rapat itu, akan diberikan catatan besar dari para editor mengenai isi dan cara berceritanya. Lalu, setelah itu baru masuk tahap editing oleh satu editor.

Attitude (sikap) seperti bagaimana yang wajib dimiliki oleh penulis?

Kalau di GagasMedia sendiri, justru kami sangat terbuka dengan penulis. Kami memberikan kesempatan juga untuk penulis ikut memberikan ide mengenai konsep calon novelnya. Entah itu mengenai cover, tata letak dalam, ilustrasi, dll. Attitude yang perlu dimiliki oleh penulis, sih, cukup dengan kooperatif , bisa berkomunikasi dengan baik, dan asyik buat diskusi aja. πŸ™‚

Sejauh mana pentingnya blurb (bahkan terkadang β€œpuitis” dan tidak menjelaskan alur cerita)?

Blurb itu… penting, dong! Ibarat kita ngelihat makanan, blurb itu seperti warna dan aroma dari makanannya. Blurb harus bisa membuat Si Pelahap Buku tertarik untuk β€˜memakan’ novel tersebut.

Saat ini cukup banyak buku yang memuat seputar Korea, bullying, dll. Bagaimana kesempatan naskah yang memuat cerita di luar hal yang tengah happening tersebut?

GagasMedia cukup terbuka juga, kok, untuk penulis yang mengambil tema-tema lain di luar topik-topik yang lagi tren. Asalkan memang naskahnya menarik dan mampu memberikan warna lain yang bisa sama-sama β€˜menggoda’-nya seperti naskah-naskah dengan topik yang lagi nge-tren.

Sejauh mana GagasMedia membuka peluang menulis novel terjemahan?

GagasMedia menerbitkan juga novel terjemahan, hanya saja tergantung dari novelnya dulu, ya. πŸ˜€

Ada tip bagi penulis yang hendak menembus GagasMedia?

Siapkan naskah kamu sebaik mungkin. Tulis dengan ejaan yang baik dan benar. Pastikan ceritanya menarik. Teruuus… kirim, deh! Dan satu lagi, maju terus pantang mundur! Hehehe.

Masih belum puas? silahkan cari Mita di carimichan yang mudah dicari kok #hallah. Terima kasih ya Mita sudah mau meluangkan waktu membalas kekepoan saya, moga lahiran novel keduanya lancar πŸ™‚ . Bagi yang pengin tahu salah satu novel besutan GagasMedia dapat diintip di sini. Dan, masih ada lagi tip penulisan lho, sila tunggu postingan berikutnya di blog ini, atau ikut tag “gagasdebut” ya.

Advertisements

14 responses

  1. tips nya Ok tinggal kerjakan hehe

    Like

  2. hehe
    makasih sudah mampir πŸ™‚

    Like

  3. Ehm wawasan baru tentang penulisan πŸ™‚

    Like

  4. Aaaaak pengen deh menembus dan dimuat di media hehe

    Like

  5. cemungud kaka πŸ™‚

    Like

  6. […] Kalau ingin dapat tip penulisan dari penulis lain ada di sini, kalau tip penulisan versi editor ada di mari. Bagi yang mencari judul novel lain, sila intip review saya yang […]

    Like

  7. […] di blog ini atau ikuti tag “GagasDebut” ya. Untuk tip penulisan sebelumnya silahkan klik ini. Kalau butuh novel menarik lain bisa intip di posting ini atau penulis […]

    Like

  8. […] ini. Bagi yang ingin mendapatkan tip menulis dari kacamata editor, bisa mengintip postinganku di sini. Atau ikuti tag “gagasdebut” […]

    Like

  9. Sip bgt nih ilmu nya.. Skr tgl berusaha maksimal bikin novel yg Ok… Thanks for sharing πŸ™‚

    Like

  10. cemungud, Mak πŸ™‚

    Like

  11. kalo mau kirim naskah, sila download form check list yang bisa diunduh di web GagasMedia, sebagai salah satu syarat wajib pengiriman naskah, begitu ^^

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: