Imajinasi Anak 12 Tahun

Judul: Ice Cream Land
Penulis: Nur Shabrina
Penerbit: Tiga Ananda, Creative Imprint of Tiga Serangkai
Tebal: 80 halaman
ISBN: 9786027690516

IMG_2090

Buku berjudul Ice Cream Land ini merupakan salah satu program The Story Explorer, yaitu hasil tulisan kalangan anak-anak dari penerbit Tiga Ananda. Adalah Nur Shabrina, perempuan 12 tahun yang berhasil menerjemahkan imajinasinya dalam bentuk kata-kata. Pelajar SD IQRO’ di Pondok Gede ini pernah meraih juara 2 lomba dokter kecil di sekolahnya. Selain itu, meraih juara 2 lomba memasak waktu TK bersama sang Ibu, tidak heran nama bukunya pun berbau kuliner.

Buku yang berisi tujuh kumpulan cerita ini menampilkan dunia khas anak-anak. Ina, sapaan akrab Nur Shabrina, memaparkan cerita yang beragam. Mulai seputar hubungan dengan orang tua, persahabatan, hingga kisah berhadapan guru di sekolah. Tidak hanya itu, Ina juga mengangkat cerita dari negeri dongeng. Rasanya selama membaca itu bagaikan melahap gado-gado.

Ina terlihat memiliki pengetahuan di bidang kuliner yang mumpuni. Terbukti bermacam-macam nama makanan yang dia tulis. Belum lagi aneka rasa yang membuat saya sontak meneteskan air liur, gara-gara membayangkan lezatnya sajian tersebut selama membaca. Slurrrppp. Coba lihat saja ilustrasi berikut:

IMG_2092

Foto: salah satu ilustrasi tengah berada di lomba memasak (hal.43).

Ada beberapa poin yang saya suka selama membaca. Pertama, Ina menampilkan beberapa permainan tradisional, seperti benteng, atau gobak sodor.  Bisa jadi, sekaligus mengangkat kembali games ala anak-anak zaman jadul. Kedua, tidak ada dikotomi tokoh protagonis dan antogonis dengan jelas. Setidaknya menjelaskan kalau setiap orang memiliki karakter positif dan negatif.

Dengan gaya bahasa yang runtun, Ina menulis tanpa sekedar berbentuk barisan kalimat saja, tetapi ada hikmah di masing-masing cerita. Tanpa melupakan khas anak-anak yang menggelitik.

 “Fyuuh… untung saja Umi pergi. Kalau tidak, aku bisa diomeli, batin Halimah.” (hal. 18).

 Hihihi… dari hati yang pas menulisnya? ups 🙂 

Advertisements

4 responses

  1. Nur Sabrina anaknya mbak brina bukan sih yak.

    Like

  2. Bukan, Mbak *habis ngintip profilnya di halaman belakang 🙂

    Like

  3. Hello kak Wuri! 🙂 Kak, aku mau tanya, usiaku kan 13 th, nah, kalu mau kirim cerpen2 kayak kakak dimana? Gimana juga caranya kak?

    Makasih.. 🙂

    Like

  4. Cerpen yang bagaimana dulu?
    Kalau pengin tanya dan cepat saya jawab, bisa via FB/twitter saya ya 🙂

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: