Boleh Memarahi Anak, Kok

Judul: Marah Yang Bijak (Panduang Islami Menjadi Orang Tua Bijak)
Penulis: Bunda Wening
Penerbit: Tinta Media, Imprint of Tiga Serangkai
Tebal: 108 halaman
Tahun terbit: 2013
ISBN: 9786029211771

cover buku Marah Yang Bijak

Eit, jangan ngomel-ngomel dulu ya pas baca judulnya.

Ketika anak memecahkan gelas, tidak mau beranjak mandi, atau menangis di tempat umum, terkadang menggerus kesabaran ayah bunda. Seketika memarahi anak adalah jalan keluar. Tetapi, tahukah kalau ada tips marah yang bijak kepada anak?

Penulis seolah mengajak ayah bunda berada di posisi anak. Bagaimana pikiran dan perasaan anak-anak ketika menjadi sasaran amarah. Tulisannya menggiring ayah bunda agar merenung dan melakukan evaluasi diri. Bagaimana pun juga, marah membawa dampak negatif, baik secara langsung, maupun jangka panjang. Tidak karang, memarahi anak justru mengajarkan karakter buruk bagi mereka kelak.

Buku yang membongkar tips bagaimana mengatasi amarah dan menunjukkan kepada anak-anak. Terdapat pula cara mengendalikan marah. Banyak contoh-contoh kejadian yang kerap ayah bunda alami, sekaligus masing-masing penanganannya, seolah memberikan tips praktis bagi ayah bunda.

Isi buku juga menilai efek negatif marah dari tiga sisi. Baik bahaya psikologis, dari segi kesehatan, hingga anjuran agama. Buku yang dapat menjadi panduan wajib bagi ayah bunda agar mengarahkan sikap marah, dan juga memberi efek positif bagi perkembangan karakter anak.

Penulis adalah Bunda Wening. Seorang praktisi pendidikan yang fokus di bidang parenting. Ibu dari tiga anak ini kerap kali membuka konseling seputar penanganan anak. β€œβ€¦ jika marah dianggap wujud kasih sayang maka anak pun akan belajar menyayangi dengan marah pula…” (Bunda Wening)

Advertisements

23 responses

  1. baca judulnya langsung jingkrak2 hihihi

    Like

  2. Wah..saya harus baca buku ini nih..kalo anak2 lagi rebutan mainan suka gregeteeeen

    Like

  3. Waduh, aku bisa diprotes Thifa dan Hana ^^

    Like

  4. Iya, bukunya banyak tips praktis πŸ™‚

    Like

  5. Hidayah Sulistiyowati

    Yesss…paling nggak enak dimarahi! kata anak2. Aku kalo gak setuju dg tingkah anak2, manggil mereka dan ngomong dari hati ke hati ^^

    Like

  6. Mantap emak yang satu ini πŸ™‚

    Like

  7. Yang susah itu ‘ngerem’ emosi saat marahin anak. Kadang jadi pengen nyubit atau mukul. Huhuhuhu…. semoga bisa marah yang baik, ya Mak.

    Like

  8. Wah baru aja posting tentang tema yang mirip. Tentang ‘melarang’ anak yang baik…

    Like

  9. kalau menurut ibu saya dulu, memarahi anak itu tidak boleh vulgar. sebaiknya dikelola agar si anak tahu maksud dari rasa marah kita. terutama pada anak kecil. penjelasan mengenai tindakan itu penting tapi hindari pembenaran tindakan

    Like

  10. anak memang kadang amarahnya bikin si ibu makin bete tapi balik lagi ya mba. buat jadi ortu memang harus mengenali emosi anak itu. biar si anak ga trauma nanti pas besar. nice review

    Like

  11. Oh ya, meluncur ke postingnya ^^

    Like

  12. Aku juga pengennya gitu mak Wuri, sebisa mungkin ga marah2 ke anak yg berlebihan, marah tapi tetap jaga emosi.. But, kadang suka lupa..kalo pas anak lagi beneran bikin jengkel :p hihi..

    Like

  13. Hehe cemungud, Mak πŸ™‚

    Like

  14. mbak.. kok tulisane ada link2 hiaju kayak yang pernah dilaporkan mbak inung yah? lihat punya blog2 lain juga gitu. jadi ikut bingung nih..

    Like

  15. Coba ganti browser lain

    Like

  16. Penasaran gaya Bunda Wening ‘mengajar’ via buku, saia beberapa kali ikut parenting clubnya, menarik tanpa terkesan menggurui.. Beli ah nanti

    Like

  17. Bahasanya ringan, sehari-harim enak dibaca. “Dalam” banget hehe

    Like

  18. aku agak susah utk sabar dan menahan amarah. kadang juga disertai pemukulan. tapi habis gitu menyesal..
    kyknya aku perlu deh beli buku ini,,

    Like

  19. Mahu beli bagaimana yaa….

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: