Cara Sederhana Menambah Amal

Judul Buku : Mizan (Jurus Jitu Memperberat Timbangan Amal) / Kaifa Tutsaqqil Mizanak
Penulis : Dr. Muhammad bin Ibrahim an-Nu’aim
Penerjemah: Kamaluddin Irsyad
Penerbit : Tinta Medina, Creative Imprint of Tiga Serangkai
Jumlah Halaman : 162 halaman
Cetakan Pertama : November 2013
ISBN : 9786029211856

MIZAN

Ibarat seorang pebisnis yang selalu ingin meraup untung sebanyaknya. Tentu saja, perbandingan antara laba harus jauh lebih besar dari pada rugi. Hal tersebut juga berlaku ketika perhitungan amal di alam akherat nanti. Setiap orang ingin timbangan (mizan) kebaikan lebih berat daripada dosa. Buku ini memberi solusi kalau cara menambah timbangan adalah melakukan amal. Bahkan amal dari hal yang sederhana dan mudah dilaksanakan.

Salah satu caranya adalah memiliki perangai yang baik. Sesungguhnya yang paling banyak membantu dalam mewujudkan akhlak yang mulia adalah memperbanyak tilawah Al Qur’an, memahami artinya, bergaul dengan orang-orang shalih, dan membaca hadist-hadist Nabi saw., begitu juga disertai memohon kepada Allah supaya dibaguskan akhlaknya (hal. 28).

Buku ini juga menjelaskan kalau melayani janda dan orang miskin dapat mendatangkan amal yang besar. Apalagi tidak sulit mencari janda. Cukup bersikap peka terhadap orang-orang terdekat. Bisa saja orang-orang di sekitar kita, misalnya keluarga dan kerabat, pasti ada janda, baik itu bibi, nenek, sepupu (hal. 43). Dengan menyantuni kalangan janda dan orang miskin secara tulus dapat memperberat timbangan amal yang setara dengan menjalankan shalat.

Tidak ketinggalan, buku ini memceritakan beberapa amalam sederhana yang mendatangkan pahala luar biasa. Ada banyak daftar untuk berbuat amal shalih yang bisa menambah berat timbangan kelak. Semua hal tersebut dapat dilakukan oleh semua makhluk tanpa perlu melakukan sesuatu besar. Hanya perlu dilakukan oleh orang itu sendiri, dan konsisten menjalankan. Seolah buku ini menunjukkan sesungguhnya betapa mudahnya menambah amal.

Selain itu, buku ini pun membongkar poin-poin yang justru meringankan timbangan amal. Beberapa hal yang baiknya dihindari hingga tidak dilakukan. Termasuk tidak melakukan dosa-dosa kecil karena dapat mendatangkan dosa besar. Ibnu Hajar mengatakan bahwa Ibnu Battal berkata, “Dosa-dosa kecil akan menjad besar ketika dilakukan terus-menerus.” (hal. 134).

Ada pun dosa-dosa perusak amal yang terpenting. Sebut saja salah satunya adalah riya atau syirik kecil. Perlu diwaspadai karena perbuatan amal akan menjadi sia-sia bila dengan sengaja terlihat oleh orang lain. Baik itu ibadah shalat, sedekah, dan masih banyak lagi. Untuk itu, diperlukan sikap hati-hati dalam melaksanakan ibadah agar kelak mendapatkan pahala.

Dunia menjadi tempat memperbanyak amal. Namun, buku ini membuka mata kalau menambah amal dapat dilakukan dari hal sederhana. Semuanya dapat dilakukan oleh seorang diri, dilakukan saat ini juga, serta dilakukan di sekitar pula.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: