Begini Cara Menolong Anak Indonesia

Tidak dapat dipungkiri, belum seluruh anak Indonesia sudah mencicipi kehidupan yang layak. Bahkan tercatat sekitar 17% anak Indonesia mengalami gizi buruk (1). Sebagai bagian dari masyarakat, tentu ingin memberikan kontribusi kepada anak Indonesia. Padahal, menolong dapat dilakukan kapan saja dan dimanapun. Maka, berikut ini adalah macam-macam donasi yang dapat diberikan kepada para anak.

Sumbangan dalam bentuk tenaga. Saat ini, banyak lowongan menjadi relawan yang dengan sukarela memberi bantuan kepada belahan masyarakat lain. Seperti mengadakan pemeriksaan kesehatan gratis di daerah kumuh, membangun kamar kecil yang layak dipakai, dan masih banyak lagi. Kegiatan tersebut dapat dilakukan secara kontinyu atau hanya weekend bagi yang bekerja.

Memberikan barang berdasarkan kebutuhan anak-anak tersebut. Sebelumnya, dapat melakukan kunjungan santai sekaligus survai. Di sela-sela berkomunikasi, baiknya bertanya mengenai barang yang sangat dibutuhkan sehari-hari. Misalnya, sembako yaitu beras, susu, camilan sehat, dan yang lainnya. Selain itu, dapat berbentuk buku sebagai investasi ilmu pengetahuan anak hingga ke depannya.

Disamping tenaga dan barang, pilihan selanjutnya adalah memberikan ilmu yang dimiliki. Contoh konkretnya yaitu menjadi guru tanpa pamrih di sekolah pelosok, mengajarkan keterampilan di yayasan yatim piatu, mengadakan seminar tanpa tarif pembelian tiket, dan lain-lain. Pilih bidang yang diajarkan berdasarkan pengetahuan pribadi sehingga memudahkan aktivitas belajar-mengajar.

Pun hanya sekedar mendatangi anak-anak yang di bawah garis kemiskinan merupakan salah satu cara jitu memberi hiburan. Ini saatnya bersikap terbuka dan merangkul anak-anak tanpa ada perbedaaan. Sebut saja mengajak sekumpulan anak tersebut bernyanyi bersama, saling menari, hingga membacakan puisi. Apapun kegiatannya setidaknya mampu mengeyahkan galau mereka mengenai kehidupan.

Bila tidak memiliki waktu dan tenaga karena pekerjaan yang menyita, pintu keluarnya adalah memberikan donasi berbentuk uang. Apalagi sekarang sudah ada Ronald McDonald House Charities (RMHC) sebagai organisasi nonprofit yang punya program secara langsung meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan anak di seluruh dunia. Program yang sudah berlangsung di 57 negara ini punya tiga program utama, yaitu Ronald McDonald House, Ronald McDonald Family Room, serta Ronald McDonald Care Mobile.

Dukungan berbentuk tunai dapat ditransfer ke rekening Yayasan Ronald McDonald House Charities. Untuk Bank BCA dengan nomor rekening 03.53163.300 atau Bank OCBC lewat nomor rekening 5458.0000.9445, serta disalurkan  langsung melalui “Box Donasi RMHC di setiap restoran McDonald’s Indonesia”.

Karena menolong anak Indonesia dapat dilakukan oleh siapa saja, kapan saja, hingga dalam bentuk apa saja. Mari sebarkan senyum bagi anak-anak Indonesia.

Referensi: (1) http://www.tempo.co/read/news/2014/09/28/173610309/17-Persen-Anak-Indonesia-Kurang-Gizi

Info RMHC lebih lanjut dapat klik www.rmhc.or.id

Advertisements

2 responses

  1. Aku nyari pengumuman lomba blog McD di websitenya kok nggak ada ya? Mention ke twitternya juga nggak dibalas? Tapi baik sekali restoran2 besar punya program CSR,

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: