Madrasah Pertama Bagi Perempuan

Judul Buku: The Beloved Aisyah
Penulis: Irfa Hudaya
Penerbit: Penerbit Revive!
Jumlah Halaman: 290 halaman
ISBN: 9786027046443
aisyah


Nama Asiyah binti Abu Bakar tidaklah asing bagi kalangan muslim. Sosok perempuan yang merupakan putri dari sahabat dan istri Nabi Muhammad SAW ini, memiliki peran penting dalam pengembangan ajaran Islam. Bahkan tergolong seseorang yang menjadi madrasah pertama bagi muslimah sekaligus tempat bertanya mengenai ibadah hingga hubungan dengan sesama.

Penulis membongkar biografi Aisyah dari masa ke masa. Mulai masa kelahiran dari sang ibunda, Ummu Ruman, di kamar yang penuh perjuangan, begitu pula masa kecil bersama istri Abdul Quais sampai menginjak dua tahun, selanjutnya pinangan dari Nabi Muhammad SAW, serta kehidupan pasca Nabi Muhammad SAW meninggal hingga harus berhadapan dengan perang.

Tak lupa, penulis mendeskripsikan seting di kota Mekah dan Madinah dengan lengkap, dari pemandangan eksotik timur tengah sampai udara yang seakan ikut dirasakan oleh pembaca. Walaupun pada awalnya banyak kisah lucu khas dunia anak Aisyah bersama kakaknya yang bernama Asma, tetapi di bagian akhir, penulis juga menjelaskan kondisi perang mulai dari perasaan hingga situasi yang menegangkan.

Dari segi sudut pandang, mayoritas novel The Beloved Aisyah ini menggunakan sudut pandangan orang pertama dari sosok Aisyah. Namun, di beberapa bab menyajikan pov 1 dari pemikiran dan tingkah laku Asma, Ummu Ruman, istri Abdul Quais, serta Saudah (istri Nabi Muhammad SAW).

Novel yang sekaligus memberikan pengetahuan umum seputar banyak hal. Antara lain menyelipkan pengetahuan agar seperti sifat zuhud (tidak mementingkan sifat duniawi) dan wara (meninggalkan hal-hal yang tidak bermanfaa). Ada pula kisah bagaimana menjadi seorang istri, terlebih saat suami berada jauh dari rumah, dan masih banyak yang lainnya.

Tips Memilih Buku Buat Remaja
1. Pilihlah cerita yang berdasarkan kisah nyata agar dapat menjadi contoh positif dalam menjalani kehidupan hingga masa mendatang.
2. Ambil buku yang tidak hanya memuat kisah cinta saja, tetapi ada pengetahuan sejarah di dalamya.
3. Gali hikmah setiap cerita agar buku jauh lebih bermanfaat.

Untuk ketiga hal di atas, novel The Beloved Aisyah mengandung semuanya. Buku yang juga cocok bagi kalangan remaja, agar mendapatkan panutan yang tepat dari sosok Aisyah.

Advertisements

2 responses

  1. Sukaaa bukunya, jadi bisa membayangkan suasana jaman beliau hidup..

    Like

  2. sukaa bukunyaaa….bikin nangiss…

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: