Category Archives: Resensi Buku

The Next Lionel Messi

Judul: Bola-Bola Mimpi di Kaki Alif
Penulis: Tristan Alif Naufal (Co-writer: Veronica W.)
Penerbit: Tiga Ananda, Creative Imprint of Tiga Serangkai
Tebal buku: 88 halaman
ISBN: 9786027690486

BOLA MIMPI ALIF WuriNugraeni Continue reading →

Ketika Hati Menempuh Perjalanan

Judul Buku: Perjalanan Hati (Menapaki Jejak Rasa)
Nama Penulis: Riawani Elyta
Penerbit: Rak Buku
Tebal buku: 194 halaman
No ISBN: 9786021755969

PH Continue reading →

Aku Ingin Menjadi Remaja Populer

Judul buku: Absolutely Kribo (Huru-Hara Cewek Ajaib)
Nama penulis: Dewi ‘Dedew’ Rieka
Penerbit: AsmaNadia Publishing House
Tebal buku: 224 halaman
ISBN: 9789791915489

kribo Continue reading →

Kalimat Nyinyir di Sekitar Kita

Judul buku: I’m (Not) Perfect
Walaupun tidak sempurna, perempuan tetap bisa bahagia
Penulis: Dian Kristiani
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
Tebal buku: 153 halaman
No ISBN: 9789792294651

re_buku_picture_86872 Continue reading →

CINTA DUA BENUA DI TANAH SABANG

Judul buku: Sunset in Weh Island (Bersamamu Mengejar Kilau Senja)
Penulis: Aida M.A.
Penerbit: Bentang Belia (PT Bentang Pustaka)
Tebal buku: 252 halaman
No ISBN: 978602939773473

images Continue reading →

MENCARI IBU YANG HILANG

Judul: 3 Anak Badung
Penulis: Boim Lebon
Halaman: 192 hal
Tahun: 2013
Penerbit: Indiva

Nama Boim Lebon sudah tidak asing di dunia literasi Indonesia. Sebut saja karyanya berjudul Lupus ABG dan Lupus Kecil yang cukup menggaung. Selain itu pernah menelurkan tulisan berjudul Ayat Amat Cinta, Maju Iyus Pantang Mundur, Kisah Keluarga Hantu, dll (mungkin karena memegang teguh prinsip orang zaman dulu yaitu “banyak buku, banyak rezeki” #eh). Ketika saya menilik semua judulnya, penulis satu ini fokus pada genre komedi. Mungkin karena efek proses kelahirannya yang ceria. “Dilahirkan 17 Juli 1967 dengan perasaan girang oleh Ibunya.” (hal. 192). Seperti tertuang pada lembar profil di akhir buku. Continue reading →

Apa bedanya Lola dengan ‘lola’?

Judul : Lola yang ‘Lola’
Penulis : Dian K.
Halaman : 124 hal
Tahun : 2012
Penerbit : Al-Kautsar Kids

251021_4211493201152_138138096_n Continue reading →

Nuansa Korea di Looking For Mr. Kim

Judul : Looking For Mr. Kim
Penulis : Aida M.A.
Halaman : 141 hal
Tahun : 2012
Penerbit : Bentang Belia

Buku “Looking For Mr. Kim” adalah kisah perjalanan Wika, putri tunggul Maria dari hubungannya dengan Mr. Kim yang warga Korea. Gadis enam belas tahun itu baru saja mengetahui sosok ayahnya sehingga nekat terbang ke Korea seorang diri. Hari demi hari di Korea untuk menelusuri jejak ayah kandungnya, hingga cinta yang bersemi selama perjalanan tersebut. Continue reading →

MENGUAK WAJAH RAMADHAN DARI BUKU PETITAH

Judul : PETITAH (Perjalanan Menuju Awal)
Penulis : a[rt]gus faizal
Halaman : 60 hal
Tahun : 2012
Penerbit : Hasfa Publishing

Sebagian besar masyarakat mempersepsi Ramadhan tidak hanya berpuasa dan tarawih, tetapi secara simultan dimaknai sebagai masa mendulang rejeki dalam berbisnis. Terbukti dengan lahirnya stan kuliner musiman, bazar dadakan, hingga big sale di pusat perbelanjaan. Lantas, benarkah persiapan Ramadhan hanya perlu dari segi fisik?

Buku ini mengenakan latar bulan puasa agar mengisi 30 hari secara maksimal. Tetapi juga menarik dibaca pada musim umum lainnya karena akan menggugah emosi mengenai sikap kita dalam menjalani perintah agama. Sebuah buku yang mengelontorkan ironi di masyarakat. Semua mengenai kehidupan Ramadhan yang terjadi di lingkungan dekat. Mulai dari puasa, karakter masyarakat kita dalam berpuasa, hingga hiruk pikuk lebaran di ujung mata.

Penulis mampu menggebrak di awal dengan rasa jeri tidak dapat menuntaskan puasa sebulan penuh. Bisa saja seketika nyawa dipanggil oleh Sang Pemilik. Tulisannya meniupkan rasa gamang yang menyeruak pecah. Katanya mengiris hati pembaca sekaligus menampar agar kita tidak terlena dengan riuhnya acara televisi selama Ramadhan, atau terjebak pada pesona idola yang menjelma menjadi santun dalam sebulan. Apalagi masa Ramadhan kerap kali melahirkan ucapan di jejaring sosial unik atau baliho serta billboard yang marak. Semoga saja semuanya bukan sekedar barisan kalimat belaka. Penulis juga mendefinisikan Ramadhan sebagai masa perubahan yang tidak hanya dari segi luar. Justru Ramadhan adalah era untuk peka kepada sesama, dan sebagai obat rasa gundah. Benarkah? Bagaimana bisa? Tentu saja, buktinya penulis telah menjelaskan secara implisit bagaimana memiliki modal bahagia. Setelah membaca, pembaca akan tersadar betapa ringan dan mudahnya meraih kebahagiaan itu. Setiap kalimatnya akan membuka mata pembaca.

Penulis berhasil melukiskan ruang masjid selama Ramadhan dengan menggelitik. Untuk ruang masjid sebesar ini, tentu tidak imbang jika hanya tiga baris sajadah yang digelar hanya di bagian depannya saja. Padahal saat terawih tiba, para jamaah memenuhi hingga ke baris paling belakang. … Ketika waktu subuh berkesempatan menyambangi lagi, ternyata tiga baris sajadah itu terlalu banyak tergelar (hal.21). Dengan pemilihan diksi dan menonjolkan paradoks, penulis meledakkan pemahamannya dari hal-hal kecil tetapi penuh makna mendalam. Belum lagi ceritanya mengenai hubungan Ramadhan dengan Al Qur’an. Sampai apa saja sih yang menjadi ciri khas di bulan Ramadhan? Semua terkupas di buku ini.

Continue reading →

Ngakak Bareng LOL @ The Office

Judul : LOL @ The Office (sekuel dari Buying Office Girl)
Penulis : Dian Kristiani
Halaman : 192 hal
Tahun : 2012
Penerbit : Gradien Mediatama

Fiuh… sudah lama aku tidak menulis tentang buku di blog ini. Sebagai penggila buku (kecuali buku pelajaran), aku pasti share buku yang berhasil menarik perhatianku. Mungkin buku ini mengandung daya magnet mencapai 1.234.567,9 meter dari permukaan laut *bawa meteran*.

Genre bukunya memang komedi. Tapi, dari sekian banyak buku gokil, baik yang lucu beneran sampe yang mengaku lucu, jarang banget menggunakan kata “Aku” sebagai tokoh utamanya. Mungkin karena aku terpengaruh gaya RD (bukan calon suaminya Ayu Dewi, ups ketahuan kalo melirik infotainment *inget kalo puasa gosip*). RD itu salah satu penulis buku laris manis spesialis gila. Memang buku komedi pertama kali yang aku baca adalah miliknya, kedua milik penulis lain, ketiga penulis yang lainnya lagi… yang notabene banyak pake kata ganti “Gue.” Nyatanya nyaman juga kok penggunaan “Aku” di buku komedi. Tidak sedikit pun mengganggu cerita yang bikin perut kayak masuk mixer. Continue reading →

buku 10 JURUS TERLARANG

buku ke-7 dari sang penulis, Ippho Santosa, mencetak secara terbatas buku 10 JURUS TERLARANG : Kok Masih Mau Bisnis Cara Biasa ?. karena saking gilanya ide dari si penulis, kita, bagi pebisnis (pemula ato enggak), kalo bisa jangan sampe kompetitor kita baca buku ini ! totally insane !! (gila yang berkah, enggak gila beneran kayak di grogol 🙂 ) ini bukan review, tapi resume, biar aku juga bisa lihat lagi (kalo lupa) ma jurus gila ala Ippho itu.

jurus 1 : mulailah dengan yang kanan Continue reading →